Minggu, 27 Februari 2011

4 LUKISAN TERMAHAL DI DUNIA


Dilukis tahun 1907 oleh pelukis dari Austria bernama Gustav Klimt. Lukisan ini sempat dirampas oleh kaum Nazi Jerman ketika Nazi menduduki Austria. Pada tahun 2006, seorang pengusaha kosmetik bernama Ronard S. Lauder, membeli lukisan ini seharga 135 juta dollar AS ! Lukisan tersebut kemudian dipamerkan di galeri miliknya, Neue Galerie, di New York.


Lukisan cat minyak ini berukuran 100 x 81,3 cm adalah karya Pablo Picasso (kebangsaan Spanyol), menggambarkan seorang anak laki-laki kota Paris sedang memegang pipa di tangan kanannya. Dilukis pada masa “Rose Period” (1904–1906), masa dimana lukisan-lukisan Picasso bercorak riang dan didominasi warna oranye dan pink (merah muda). Lukisan ini tidak bergaya “cubist” seperti lukisan-lukisan cubist Picasso lainnya. Laku terjual seharga 104,1 juta dollar AS di tempat pelelangan Sotheby’s, New York, 4 Mei 2004.


Dilukis oleh Pablo Picasso pada tahun 1941. Lukisan potret diri ini menimbulkan kotroversi, karena ada yang menganggap bahwa lukisan ini menggambarkan diri kekasihnya, Dora Maar, seorang artis fotografer yang menjadi kekasih Picasso selama 10 tahun (1930 –1940). Lukisan ini laku terjual seharga 95,2 juta dollar AS pada pelelangan di Sotheby’s, tanggal 3 Mei 2006.


Lukisan yang dilukis oleh pelukis impressionis Belanda ini, tiba-tiba saja menjadi terkenal di dunia ketika seorang pengusaha Jepang bernama Ryoei Saito membelinya seharga 82,5 juta dollar AS ditempat pelelangan Christie’s, New York. Begitu gandrungnya Saito pada lukisan ini, sehingga ia ingin dikremasi bersama lukisannya ini jika kelak ia mati. Saito meninggal tahun 1996 …. namun lukisannya tetap aman, tak ikut dikremasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar